Sunday, September 27, 2009

Data Recovery: Tips untuk Pemula

Saat ini Anda mungkin pernah pusing untuk menyelamatkan data yang hilang karena komputer atau laptop Anda terkena virus atau masalah listrik atau lainnya sehingga menyebabkan media tempat penyimpanan data tersebut rusak. Dalam hal ini, biasanya solusi untuk memecahkan masalah tersebut dikenal dengan istilah data recovery.

Pertama, tips sederhana adalah biasakan menyimpan data Anda setiap kali Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut ke dalam suatu media seperti flashdisk, CD, atau lainnya yang kira-kira aman untuk menyimpan data tersebut.

Kedua, jika data Anda hilang maka carilah software data recovery, baik gratis atau bisa juga yang berbayar. Untuk software gratis biasanya mempunyai kelemahan seperti utilitas tidak lengkap, kemampuan terbatas, dan tidak dijamin ketepatannya. Biasanya tiap produk memiliki software untuk recovery data.

Ketiga, data recovery harddisk Anda biasanya membutuhkan ketelitian dan kesabaran juga dapat menghabiskan banyak waktu Anda atau bahkan membutuhkan biaya, karena itu sebelum melakukan data recovery konsultasikan dengan seorang ahli dalam bidang ini, mungkin teman Anda atau profesional.


Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang masalah hard disk Anda yaitu:

* Komputer Anda tidak dapat melakukan booting, atau
* Komputer Anda dapat booting tetapi hard disk (drive, C: atau D:) tidak muncul.

Untuk mengetahui permasalah tersebut apakah data Anda bisa diselamatkan atau tidak, dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Dengarkan suara hard disk lebih dekat. Apakah terdapat suara seperti menggerus, menggaruk, suara klik?. Jika ada, maka kemungkinan hard disk Anda rusak secara fisik dan hanya mengharapkan seorang ahli atau pelayanan data recovery dapat menyelematkan data tersebut. Pelayanan ini biasanya mahal, jadi tergantung Anda apakah data itu penting atau tidak.
  • Jika suara hard disk bagus, kemungkinan data Anda bisa diselamatkan oleh Anda sendiri dengan menggunakan software data recovery. Jangan lupa untuk membaca panduan penggunan software tersebut karena kesalahan Anda dalam menggunakannya dapat menyebabkan data menjadi rusak.
Namun demikian, menggunakan free software utilities tidak sebaik yang shareware (berbayar). Ada beberapa software yang gratis tetapi tidak mudah digunakan, sedikit atau bahkan tidak ada panduan dan sangat tidak efektif.

1 comment:

sawali tuhusetya said...

alhamdulillah, sejak saya pakai open source, saya tidak lagi berhadapan dengan virus2 usil, mas, hehe ...