Thursday, September 13, 2012

7 Hal Penting Merawat Laptop Anda

Suatu saat sedang bekerja, ada salah satu sahabat saya mengeluh tentang baterai laptop-nya yang bermasalah.  Kemudian saya bertanya apa yang dikeluhkannya. Ternyata baterai laptopnya tidak mau mengisi, meskipun charger sudah dicolokkan ke listrik.
Nah, mungkin salah satu dari atau teman Anda pernah mengalaminya atau bukan hanya baterai saja yang rusak, LCD laptop, keyboard laptop, charger laptop, dan hardisk, bahkan mainboard-nya.  Untuk itu saya akan memberikan beberapa hal penting tentang merawat laptop sebelum kerusakan akan terjadi.


1. Layar LCD
LCD adalah salah satu bagian yang sensitif dari laptop. Untuk itu jangan pernah memasukkan benda-benda tajam (termasuk pena atau pensil) dalam tas laptop Anda. LCD Anda bisa rusak.
Kemudian jangan menekan LCD Anda ketika Anda mencoba untuk membersihkan kotoran yang membandel. Cobalah untuk membersihkannya sedikit demi sedikit sampai menghilang.
Jangan pernah meletakkan sesuatu di atas laptop. Setiap tekanan untuk kasus LCD yang tipis akan merusaknya. Dan jika Anda membawa laptop Anda dalam tas laptop, dan jangan memasukkan ke dalam tas tersebut terlalu banyak yang menyebabkan tekanan untuk LCD Anda.
Sebaiknya gunakan bahan dasar lembut saat Anda menutup laptop Anda dan secara periodik bersihkan LCD dengan pembersih yang aman. Jangan gunakan pembersih lain seperti thinner, sehingga akan menyebabkan kerusakan permanen LCD laptop Anda.

2. Baterai
Baterai laptop merupakan bagian laptop yang mudah rusak. Isilah baterai laptop Anda saat mencapai minimal 10 persen sesuai dengan indikator baterai pada laptop. Jangan biasakan mengisi baterai pada level 0 persen untuk mencegah baterai cepat rusak sehingga dapat bertahan lebih lama.
Sebaiknya copot baterai pada saat Anda menggunakan laptop yang dicolokkan ke  sumber listrik sampai waktu yang lama. Kemudian gunakan baterai untuk dua atau tiga menit sekali per bulan jika Anda menyimpannya lebih dari 1 bulan. Hal ini akan membantu memelihara sel-sel baterai.

3. Charger
Jangan pernah meninggalkan pengisi terpasang selama 24 jam penuh setiap hari, hal ini akan mengurangi umur charger laptop. Untuk mencegah rusaknya kabel pada ujung charger sebaiknya perhatikan kabel agar jangan sampai menekuk sehingga lama kelamaan akan membuat sambungan serat kabel terbakar dan akhirnya putus.
Selanjutnya untuk mencegah kerusakan pada ujung charger agar diperhatikan pada saat memasukkan atau mencopot jangan sampai tersentak.

4. Hardisk dan DVD
Hardisk adalah salah satu komponen yang paling penting dalam laptop. Hardisk laptop menyimpan semua informasi yang dibutuhkan oleh sistem operasi untuk bekerja dengan baik. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk menjaga hardisk Anda dalam kondisi bersih. Bila Anda memiliki file yang tidak terpakai terlalu banyak di dalam hardisk Anda, Anda akan memiliki sedikit ruang untuk menyimpan informasi. Untuk itu sebaiknya Anda perlu untuk membersihkan hardisk dari data yang tidak penting.
Produsen laptop biasanya merancang laptop untuk mencegah kerusakan pada pemakaian normal, namun Anda masih harus berhati-hati ketika memindahkan laptop sementara hardisk laptop berputar. Disk magnetis dalam hardisk berulang kali berputar saat menulis dan menghapus data. Jika pengguna laptop bergerak tersentak atau laptop terbentur terlalu kasar, maka bisa merusak atau kehilangan data. Sedangkan untuk DVD laptop jangan digunakan untuk membaca CD yang sudah tergores. Terlalu sering dan lama memakai CD tersebut akan menyebabkan DVD laptop rusak.

5. Keyboard dan mouse laptop
Keyboard memiliki celah sempit antara tombol. Hal itu menyebabkan debu atau kotoran mudah sekali masuk sehingga dapat merusak keyboard laptop. Anda harus secara rutin membersihkan celah tersebut menggunakan kuas pada saat laptop tidak dipakai. Memakan makanan yang berminyak sementara Anda sedang bekerja menggunakan laptop tidak baik bagi keyboard dan mouse.
Sebaiknya Anda gunakan pelapis keyboard berbahan lentur atau lembut untuk melindungi keyboard.

6. Socket USB, socket Ethernet, VGA dll
Coba Anda perhatikan pada sisi kiri, kanan, belakang laptop, Anda akan menemukan beberapa socket seperti USB, VGA, ethernet (LAN), power DC, dll.  Nah coba perhatikan apakah socket tersebut masih dalam keadaan bagus atau bersih dan tidak berkarat/berjamur? Kadangkala hal ini yang menyebabkan proses koneksi ke beberapa perlatan seperti flashdisk, monitor LCD tidak berjalan.
Untuk mengatasi hal ini sebaiknya pada saat menyimpan laptop di dalam tas harus diberi silica gel (pencegah jamur). Dan hindari pemakaian laptop saat hujan apabila kondisi tempat terkena tampias (cipratan) air.

7. Sirkulasi udara
Laptop selama pemakaian sebaiknya digunakan di permukaan datar jangan diletakkan permukaan yang tidak rata seperti di kasur tanpa alas yang datar. Ini menyebabkan sirkulasi udara tertutup sehingga dapat menyebabkan overheat (panas berlebih).
Selain itu laptop tidak boleh diletakkan ditempat yang sangat berdebu atau kotor. Hal tersebut akan menyebabkan ruang yang ada di dalam laptop tertempel debu atau kotoran sehingga dapat merubah suhu menjadi panas terutama di bagian processor.
-->

No comments: