Thursday, September 6, 2012

Menambahkan ukuran kertas polio di printer Epson

Sebelumnya, saya telah menulis Cara Menambahkan Ukuran Kertas di Printer HP sekarang saya coba untuk menulis bagaimana caranya untuk menambah ukuran kertas di printer Epson. Biasanya secara umum pilihan kertas di printer Epson yang kita pasang (install) tidak menyediakan ukuran kertas F4 (polio). Nah berikut saya berikan tutorial menambah ukuran kertas tersebut.

Catatan: printer yang saya gunakan adalah Epson Stylus Photo R230. Sebagian lain akan berbeda cara menambahkan ukuran tersebut. Mudah-mudahan, lain kali saya akan memberikan tutorial tersebut untuk printer yang lain.

Langkah-langkahnya:
1. Kalau Anda sedang membuka aplikasi semacam Word atau Excel, segera simpan pekerjaan Anda dan keluar.
2. Klik menu Start, kemudian pilih dan klik Printers and Faxes.
3. Muncul jendela yg berisi printer yang terinstal di komputer Anda. Lalu klik kanan printer default Anda (atau printer yg sedang Anda gunakan), kemudian klik Printing Preferences.
4. Setelah jendela baru keluar, pada pilihan Paper Option klik Size hingga muncul pilihan kertas. Gulung pilihan sampai paling bawah klik User Defined.
5. Keluar jendela baru User Defined Paper Size, tulis nama yang Anda inginkan di kotak isian Paper Size Name. Lalu, sesuaikan ukuran yang ada pada Paper Width dan Paper High. Dalam hal ini ukuran kertas polio adalah 21,9cm x 33cm. Kemudian klik tombol Save dan klik OK.
6. Ukuran kertas sudah tersimpan, untuk membuktikannya silahkan Anda buka aplikasi Word atau Excel kemudian klik menu File - Page Setup kemudian pada tab Paper kemudian pilih ukuran kertas. Biasanya ada di urutan paling bawah.

Baca juga :
- Tips koneksi internet menggunakan android
- Tips merawat baterai laptop 

No comments: