Saturday, July 6, 2013

4 Hal Penting dalam Merawat Baterai Laptop/Netbook

Cara merawat baterai laptop
Merawat baterai laptop netbook
Bagaimana rasanya jika baterai laptop Anda tidak dapat bertahan lama pada saat Anda berada di luar mempresentasikan bisnis atau keperluan hiburan Anda? Kesal dan marah mungkin.  Mengapa baterai laptop Anda seperti itu? Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang perawatan baterai laptop. Untuk itu saya coba memberikan beberapa tips atau hal penting dalam merawat baterai laptop agar dapat berumur lama.

1. Gunakan laptop langsung ke Listrik
Sebagian besar pengguna laptop akan memasang kabel AC langsung ke listrik bahkan ketika baterai tidak kosong. Hal ini menyebabkan baterai mengalami pengurasan sedikit demi sedikit. Sebelum Anda menggunakan laptop, keluarkan baterai dan kemudian pasang kabel langsung ke listrik, sehingga laptop ini berjalan pada listrik AC saja. Simpan baterai di tempat yang sejuk, kering permukaan dan menggantinya ketika Anda mematikan laptop. Membiarkan baterai dipasang dalam waktu yang lama selama pemakaian langsung dari listrik akan menyebabkan berkurangnya umur baterai.


2. Selalu Charge Baterai sampai penuh
Baterai yang dapat dicharge akan mudah habis, apabila Anda hanya mencharge dalam waktu yang singkat. Bila laptop tidak digunakan, seperti pada waktu tidur, hubungkan ke stopkontak dan biarkan baterai diisi sampai daya baterai terisi penuh.
Ketika Anda pertama kali membeli laptop, sebelum Anda menggunakannya selalu isi baterai sampai kapasitas penuh (-/+ 2 jam). Laptop akan bekerja dengan hanya sedikit kecil daya, tetapi jika selalu charge tidak sampai penuh, hal tersebut akan mulai kehilangan kemampuan mengisi daya selama charge.

3. Biasakan Charge pada saat level baterai yang tepat
Dalam pemakaian umum, baterai laptop yang sedang dipakai akan sedikit demi sedikit berkurang kapasitasnya.  Apabila dalam level tertentu akan muncul peringatan untuk segera lakukan charge.  Level yang tepat untuk segera melakukan charge adalah kisaran 10%. Isilah baterai sampai penuh (100%).

4. Bersihkan dan Discharge Baterai
Setidaknya sebulan sekali, setiap baterai laptop harus dibersihkan dan dikosongkan untuk memperpanjang umur pemakaian. Untuk membersihkan, lepaskan kabel charge dari listrik. Hidupkan laptop dan biarkan baterai terkuras hingga tanda baterai rendah muncul. Colokkan kabel listrik dan biarkan baterai terisi sampai kapasitas penuh sementara laptop masih menyala.
Selanjutnya adalah melakukan discharge. Hal ini dilakukan dengan membuang isi baterai dengan cara yang sama melalui opsi manajemen daya seperti hibernasi, modus Sleep dan screen saver. Biarkan baterai terkuras sepenuhnya sampai laptop menutup dengan sendirinya. Tanpa menyalakan laptop, sambungkan kembali kabel listrik dan biarkan mengisi sampai baterai penuh.

Semoga bermanfaat!.
-->

1 comment:

cynthia chaniago said...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online,poker online terpercaya...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...